13 September 2008

JAMBORE ASEAN 2008

Tindak Lanjut dari pembentukan " Asean Scout Association for Regional Cooperation ( ASARC ) " Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan melaksanakan kegiatan " Asean Scout Jamboree " 2008 yang diselenggarakan di buperta Cibubur, Jakarta Timur, pada tanggal 18 - 26 Oktober 2008.
Ketentuan mengikuti kegiatan tersebut adalah sbb :
1. Anggota Pramuka aktif dari gudep yang berada diwilayah kwarda yang bersangkutan
2. Berusia antara 13 - 16 tahun

3. Berbadan sehat, dinyatakan dengan surat keterangan dokter
4. Mendapat mandat tertulis dari ka.kwardanya
5. Mendapat ijin tertulis dari orang tua / wali dan Kepala Sekolahnya
6. Dapat berbahasa Inggris dengan baik
7. Tiap Kwarda diwakili oleh 1 ( satu ) regu putra dan 1 ( satu ) regu puteri, masing - masing teerdiri atas 9 orang anggota ditambah 1 orang Pembina Pramuka. Diutamakan anggota regu yang memenangkan LT IV tahun 2007, Regu pemenang LT V tahun 2007 baik putera maupun puteri mendapat prioritas disamping regu tersebut diatas.
8. Tiap peserta dikenakan biaya sebesar Rp. 300.000
9. Peserta diharapkan sudah tiba di Cibubur pada tanggal 17 Oktober 2008 dan meninggalkan arena jambore pada tanggal 27 Oktober 2008 .
10. Untuk Pramuka Penegak / Pandega dan anggota Dewasa Gerakan Pramuka bisa berperan serta sebagai anggota IST ( International Service Team ) dengan membayar biaya kesertaan sejumlah sama dengan peserta ( Rp. 300.000)

Saduran Juklak Jambore Pramuka Asean 2008 ( ASEAN SCOUT JAMBOREE )
18 - 26 OKTOBER 2008
MOTTO
" SATU HATI, SATU JANJI, SATU BUMI ASIA TENGGARA "
TEMA
" DEVELOPING BROTHERHOOD AND CULTURAL UNDERSTANDING "
( MEMBANGUN PERSAUDARAAN DAN PEMAHAMAN BUDAYA)
SUB TEMA
" PERSAUDARAAN MENUJU PERDAMAIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT ASIA TENGGARA "
TEMPAT
BUMI PERKEMAHAN DAN GRAHA WISATA PRAMUKA CIBUBUR
( GERAKAN PRAMUKA CAMPING GROUND CIBUBUR ) JAKARTA, INDONESIA
WAKTU
Kedatangan Peserta : 17 Oktober 20080
Pembukaan : 18 Oktober 2008 Sore
Kegiatan : 19 - 25 Oktober 2008
Penutupan : 26 Oktober 2008
PESERTA
Putra - Putri Usia 13 - 16 tahun
TIM PELAYANAN INTERNASIONAL / INTERNATIONAL SERVICE TEAM ( IST )
Putra - Putri usia 18 tahun keatas
KONTINGEN
BRUNEI DARUSSALAM, FILIPINA, INDONESIA, KAMBOJA, LAOS, MALAYSIA, MYANMAR, SINGAPURA, THAILAND, VIETNAM.
Masing - masing negara peserta mengirimkan minimal 4 pasukan @ 36 peserta dan 4 pembina.

Masing-masing negara peserta mengirimkan maksimal 40 orang anggota dewasa yang berfungsi selaku Tim Pendukung Kontingen ( Contingent Support Team / CST )

KONTINGEN INDONESIA
Setiap Kwarda mendapat kuota sebanyak 2 regu terdiri dari 9 putra dan 9 putri
Diutamakan anggota regu pemenang LT IV tahun 2007, kuota tambahan diberikan kepada Kwarda pemenang LT V tahun 2007 sebanyak 1 regu.
Masing - masing regu didampingi 1 orang Pembina Pendamping.
PENDAFTARAN PESERTA
Waktu pendaftaran 28 Juli s.d 30 September 2008
Tahapan pendaftaran :
1. Registrasi jumlah peserta : 28 Juli s.d 8 Agustus 2008
2. Pendaftaran kebutuhan kontingen : 9 s.d 15 Agustus 2008
3. Penyampaian nama-nama peserta : 16 Agustus s.d 30 September 2008
JENIS KEGIATAN
Ketrampilan Kepramukaan
" Pioneering
- Pembuatan Jembatan Darurat
- Pembuatan Menara Pandang
- Pembuatan Alat Kelengkapan Berkemah
" Komunikasi
" P3K
Penjelajahan
" Tehnik Hidup di Alam Bebas
" Land Rover Classic
Pemahaman Budaya
" Pertukaran Budaya
" Seni Dekorasi
" Festival Makanan Tradisional
" Seni Pertunjukkan

Ilmu dan Teknologi
" Teknologi Tradisional
" Teknologi Tepat Guna
Global Development Village
" Pameran dan Diskusi tentang Masalah Dunia
" ASEAN Green Village
Sportacular ( berbagai bentuk olahraga tradisional )
Tour Pendidikan ( Educational Tour ) seperti ke TMII, Museum dll

UPACARA - UPACARA ( CEREMONY )
1. Upacara Pembukaan direncanakan dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2008 sore hari yang diisi berbagai pertunjukkan kebudayaan.
2. Upacara Penutupan direncanakan dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2008 pukul 19.00 yang diisi dengan berbagai pertunjukkan kebudayaan.
FASILITAS YANG DIBERIKAN
1. Setiap Pasukan mendapat :
a. areal berkemah ( kapling ) seluas 40 x 25 m ( 1.000 m²)
b. 2 ( dua ) buah tiang bambu sepanjang 3 ( tiga ) meter untuk membuat gapura.
2. Setiap Pasukan mendapat pinjaman :
a. 4 ( empat ) buah tenda regu
b. 1 ( satu ) unit tenda makan dan dapur
c. 1 ( satu ) set meja makan berikut tempat duduk
d. 1 ( satu ) set peralatan masak
e. 2 ( dua ) set tempat penyimpanan peralatan masak dan natura
f. 1 ( satu ) pak plastik hitam tempat pembuangan sampah
3. Setiap Pasukan mendapat jatah :
a. makanan mentah ( natura ) untuk makan selama 9 ( sembilan ) hari
b. makanan matang selama 1 ( satu ) hari yaitu pada tanggal 17 Oktober 2008
4. Setiap Kontingen mendapat fasilitas antar jemput dari titik kedatangan ( Bandara atau Pelabuhan Laut ) , menuju lokasi tapak perkemahan.
5. Setiap anggota kontingen , baik peserta, IST maupun CST serta anggota Panitia mendapat :
a. tanda peserta
b. badge kegiatan
c. tanda ikut serta ( TISKA )
d. topi
e. kaos
f. kacu kegiatan ( scraf )
g. piagam penghargaan
h. kupon makan
6. Setiap IST, CST serta anggota Panitia mendapat jatah :
a. makanan matang sebanyak 3 ( tiga ) kali sehari
b. makanan ringan sebanyak 3 ( tiga ) kali sehari selama 11 hari
7. Seluruh anggota Dewasa, kecuali Pembina Pasukan , mendapat tempat berkemah khusus

FASILITAS PERKEMAHAN
Fasilitas perkemahan yang diberikan guna menunjang kegiatan ini adalah berupa :
1. Air bersih untuk minum
2. Sarana MCK
3. Sarana listrik
4. Tempat pembuangan sampah
5. Transportasi ke dan dari tempat kegiatan
6. Pengamanan
7. Pelayanan Kesehatan Terbatas
8. Tanda - tanda arah
9. Sarana perkantoran panitia
10. Panggung Kesenian di arena Utama dan di setiap Sub Camp.


0 comments:

Search

Google
Google My Blog (*_*)